Pihak Sekolah Sudah Geli-Geli Basah (GELISAH) Untuk Pembatalan Pelepasan Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Medan

 



Kota Medan (mhp) Sumatera Utara

Tak terpenuhinya tuntutan orangtua siswa yang meminta transparansi soal penggunaan biaya pelepasan siswa kelas IX MTs Negeri 2 Medan yang rencananya dikutip per-siswa sebesar Rp.300 ribu.

 Dan berkembang menimbulkan polemik pro-kontra sampai-sampai ada kesan negatif membawa-bawa profesi Wartawan dan LSM didalam rapat antara orangtua siswa dengan pihak sekolah MTs Negeri 2 Medan yang diundang oleh Kepala Sekolah MTs Negeri 2 Medan melalui surat selebaran pada tanggal 2 Februari 2024 yang diminta hadir ke sekolah pada hari Sabtu tanggal 3 Februari 2024 pukul 09.30 Wib.

 Dengan kesan negatif tersebut, awak media tertantang untuk menelusuri  bersama beberapa awak media lainnya sebagai fungsi sosial kontrol, bahwa uang sebesar Rp.300.000 ribu itu adalah hanya untuk biaya pelepasan siswa di sekolah itu saja, kemungkinan belum termasuk biaya Mikie Holiday terkesan akan diadakan diluar sekolah atau ditempat-tempat wisata.

Biaya Mikie Holiday Kemungkinan juga diluar biaya sebesar Rp. 300.000 ribu itu.

 Saat beberapa awak media mendatangi Sekolah MTs Negeri 2 Medan, Senin (5/2/2024) pagi, Kepala Sekolah dan KTU tidak berada ditempat, dan wartawan bertemu dengan yang mengaku Humas MTs Negeri 2  Medan bernama Syamsul Rizal.

 Ia mengatakan, acara itu gaweannya orangtua siswa, pihak sekolah hanya menyetujui saja.

 Ketika ditanya tentang transparansi soal aliran dana dan penggunaan anggaran tersebut, Syamsul tak dapat menjawab.

Ia hanya diam.

 Ketika dibalikkan perkataan Syamsul soal Gawean orangtua siswa, nyatanya pihak sekolah yang mengundang orangtua siswa.

Dan yang menentukannya juga dari pihak sekolah.

Katanya seperti biaya pelepasan siswa tahun semalam? Jawabnya, ia tapi jika setuju, maka kami yang melaksanakannya.

 Kegiatan itu tercium awak media dan ada beberapa media mengeksposnya ke publik.

Dan saat ini telah menjadi buah bibir sangat hangat dikalangan orangtua siswa, khususnya di dunia pendidikan dan masyarakat kota Medan sekitarnya.

 Menindaklanjuti persoalan tersebut, awak media ini mendatangi kantor Kementerian Agama Kota Medan (Kandepag Kota Medan) di Jalan Sei Batu Gingging Medan.

 Saat ditemui Kepala Kandepag Medan DR. H. Impun Siregar, MA, menurut stafnya, Bapak Kepala tidak berada ditempat.

Lalu Ia menyarankan untuk bertemu dengan Humas.

 Kemudian Staf tersebut mengarahkan ke aula, karena Humas sedang ada acara Zoom dengan Kementerian Agama RI dari Jakarta.

 Dilantai 2, awak media ini bertemu dengan Imam Humas Kandepag Kota Medan.

 Setelah dipaparkan awak media ini tentang persoalan yang terjadi di sekolah MTs Negeri 2 Medan, beliau mengatakan, tapi saya dengar acaranya sudah dibatalkan, ujar Imam.

 Ditempat terpisah, informasi yang terus dipantau dan dihimpun awak media dari berbagai sumber bahwa pada hari Senin (5/2/2024) petang selepas siswa mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel), pihak MTs Negeri 2 Medan mengumpulkan seluruh siswa kelas IX di Masjid Al Amilin, kemudian Kepala Sekolah MTs 2 Negeri Medan Dra.

Pesta Berampu, MA bersama dengan staf pengajar lainnya membatalkan untuk acara pelepasan siswa kelas IX dan tidak mengizinkan untuk acara pelepasan diadakan perkelas maupun ditempat lain

Diberitakan sebelumnya,MTs Negeri 2 Medan Sumatera Utara Kutip uang perpisahan atau pelepasan kelas IX T.P 2023/2024 dengan biaya sebesar Rp.300.000 ribu per siswa.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun awak media ini dari beberapa orang tua siswa sesudah selesai mengadakan rapat dengan pihak sekolah,bahwa uang sebesar Rp.300.000 ribu itu sangat berat sekali apalagi dengan situasi pada saat ini semuanya serba mahal dan susah sekali mencari uang.

Setelah ditanyakan awak media ini kepada orang tua tersebut jumlah lokal dan jumlah siswanya untuk kelas IX di MTs 2 Negeri Medan,dijawab mereka,jumlah lokal di kelas IX ada 13 lokal(ruangan) disetiap lokal ada 32 siswa-siswi nya

Kemudian setelah dihitung-hitung angkanya kemungkinan 13 × 32 = 416 siswa dan dikalikan Rp.300.000/Siswa-siswi,tertotal biaya Rp.124.800.000,angka yang sangat begitu fantatis untuk biaya perpisahan tingkat sekolah menengah pertama

Awak media ini terus-menerus memantau hasil perkembangan demi perkembangan dari luar gedung sekolah MTs 2 Negeri Medan guna untuk pengembangan pemberitaan

PEWARTA:ROBIN SILALAHI(hp.rs).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال