Gudang di Pasar 9 Lahan Garapan Desa Manunggal DIDUGA Tempat Penampungan BBM Subsidi

 


Labuhan Deli (mhp.com) Sumatera Utara

Sebuah gudang diduga tempat penampungan BBM subsidi jenis Solar di pasar 9 Helvetia Desa Manunggal Kecamatan labuhan  Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, berbagai jenis Truk Tangki BBM biru putih dan mobil Pickup sering keluar masuk diduga membongkar muatan BBM bersubsidi jenis Solar

Dugaan tersebut disampaikan oleh masyarakat sekitar kepada Tim100 media dan beberapa pengurus media online Rabu (25/9/24) .

Sumber yang tidak ingin identitas nya di ketahui mengatakan, bersama Tim media online dan Tim 100 media, dilapangan tampak Truk Tangki biru putih dan mobil Pickup sering keluar masuk pintu gerbang gudang .

 Ada dugaan melakukan pembongkaran BBM jenis solar  di dalam sana , 

 gudang tersebut yang DIDUGA sebagai tempat penampungan BBM jenis solar atau disebut sebut Siong , terang nya kepada Tim media .

Menelusuri informasi dari masyarakat, wakil Pimred  salah satu media online langsung menginvestigasi kelapangan dan mendapati dari hasil pengamatan nya benar adanya keluar masuk Truk Tangki dan Mobil Pick up yang di tutupi terpal di bak mobil.

“Kita menduga seperti itu bang berdasarkan hasil amatan media  dan Tim 100 media dilapangan ,tampak truk tangki BBM biru putih dan mobil Pickup keluar masuk pintu gudang tanpa plank nama, lantas ngapain kalau tidak bongkar BBM,”ucap Wakil Pimred salah satu media online.

“Tim 100 media mengatakan bahwa seringnya berbagai jenis truk tangki BBM biru putih maupun mobil Pickup yang keluar masuk dari gudang tanpa izin tersebut, secara kasat mata terkesan seakan akan ini sudah ada kerjasamanya antara Big Boss penampung BBM ilegal dengan para supir tersebut sesuai dengan harga kesepakatan per liternya


“Terkesan seperti itu bang sudah ada kerjasamanya antara Big Boss penampung BBM ilegal dengan para supir.

Kalau tidak bang, bagaimana mungkin berbagai jenis truk tangki BBM maupun mobil Pickup setiap hari keluar masuk diduga bongkar muatan BBM ke gudang penampungan tanpa plank nama itu,”jelas Wakil Pimred kepada awak media online.

Dugaan kita BBM jenis solar tersebut akan di jual kembali ke pabrik pabrik industri atau pun ke alat alat berat yang membutuhkan BBM jenis solar ini dengan harga yang lebih tinggi.

Dimana peraturan pemerintah penerapan harga BBM buat industri Penawaran harga Solar Industri pada 01-14 Juni 2024 dengan biaya sebesar Rp 15.500/liter; Marine Fuel Oil sebesar Rp 19.300/liter serta harga Biosolar B35 sebesar Rp 20.300 untuk wilayah 1 dan 2 (Sumatera, Jawa, Bali, Madura dan Kalimantan) sedangkan untuk harga di wilayah 3 sebesar Rp 20.400 dan 20.550 per liternya ...14 Jun 2024.

Hal ini sudah sangat jelas melanggar peraturan perundang undangan negara.

Dinilai sudah terdapat kerugian negara disana 

Selain itu, Pemerintah juga akan menindak tegas pelaku penyalahgunaan BBM subsidi sebagaimana diatur dalam Pasal 55 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang menyatakan bahwa setiap orang yang menyalahgunakan Pengangkutan dan/atau Niaga Bahan Bakar Minyak, bahan bakar gas, dan/atau liquefied petroleum gas yang disubsidi pemerintah dipidana dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan denda paling tinggi Rp60 miliar. Sanksi serupa juga dinyatakan dalam Pasal 94 ayat 3 Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi.

Tim 100 media menambahkan,”Bahwa aktivitas DIDUGA gudang penampungan BBM ilegal hingga kini masih terus bebas beroperasi mengembangkan bisnis gelapnya, meskipun jarak gudang tanpa plank nama tidak jauh kedalam dari jalan besar, boleh jadi belum tercium oleh Aparat Penegak Hukum (APH) dan  para tengkulak BBM jenis solar ini dengan bebas bermain secara terang terangan

“Maka dari itu, kita berharap agar ini semua butuh perhatian serius dari pihak Aparat Penegak Hukum (APH) dan badan pengatur hilir (BPH Migas), untuk segera turun ke lokasi guna melakukan tindakan tegas, kalau tidak, dikawatirkan bisa menjamur nantinya, apalagi dapat menyebabkan kerugian negara itu sendiri,”tutup

TIM 100 MEDIA ONLINE

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال